Forum Seo Indonesia

Setelah blog ini diluncurkan, beberapa pembaca menginginkan untuk disediakan sebuah forum diskusi. Sebuah forum khusus seo yang akan mendiskusikan segala sesuatu yang berkaitan dengan seo sekaligus tempat belajar bagi para netter yang belum begitu paham masalah seo, sedangkan yang sudah berpengalaman dapat membagi pengalamannya di forum ini sekaligus penelitian dan kasus-kasus yang pernah dialamai.

Kenapa Forum?
Saat saya melihat ulang blog ini, sudah terpasang plugin seperti thread pada forum-forum. Jadi mengapa harus dibuatkan sebuah forum lagi? Akhirnya saya menemukan jawabannya saat membaca sebuah thread dan beberapa artikel di beberapa forum seo. Seo sangat kompleks dan sulit sekali mengatakan sesuatu dalam seo itu pasti. Hal ini juga membuat saya jarang menulis di blog ini. Setiap ingin menulis. Selalu terbayang pendapat yang bersebrangan dan saya tidak ingin menyesatkan pembaca.
Karena itulah saya akhirnya memutuskan untuk membuatkan sebuah forum yang nantinya dapat dijadikan sebuah tempat diskusi untuk membahas sebuah isu dalam proses seo dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Forum ini baru saya pasang dan masih sedikit anggotanya. Saya juga sedang mencari-cari struktur kategori yang baik agar mudah dibaca baik bagi yang sudah sangat berpengalaman maupun yang masih sama sekali belum mengerti tentang seo. Sekarang baru saya dan seorang teman sebagai moderator. Nantinya saya berharap, setiap kategori adan yang bisa jadi moderatornya. Misalnya kategori drupal dimoderatori oleh orang yang betul-betul mengerti drupal, dan trik-trik optimasi drupal. Begitu juga dengan kategori lainya.

Seperti kejadian kemarin, sebuah kontes seo diadakan membahas tentang pemanasan global. Selain membahas legalitas kontes seo dari sisi search engine. Seandainya memang akan mengikuti kontes, mungkin akan lebih berhasil kalau kita membawa nama para praktisi seo dibawah satu bendera. Karena kita tau sendiri, kompetisi seperti ini akan sangat banyak pesaingnya.

Selain itu, banyak hal tentang yang bisa kita sumbangkan dengan mengerti seo. Sebagai contoh kecil, saat negara kita dalam keadaan kacau, kerusuhan poso, bom bali, bom mariot. Indonesia dicap sebagai negara yang tidak aman. Mungkin dengan seo kita bisa membantu mengembalikan citra keamanan lewat opmtimasi pada keyword yang menanyakan kemaman indonesia pada sebuah halaman web “sosial” yang membahas fakta-fakta keamanan indonesia.

Lewat forum ini saya juga berharap, seo berkembang menjadi lahan bisnis profesional. Dimana kita bisa mendiskusikan bagaimana format bisnis seo yang tepat diterapkan di negara kita, bagaimana pengalaman menghadapi para client dan sebagainya..

Untuk itu saya harap para pembaca bergabung di forum seo ini. Dan berikan saran yang tepat untuk pengkategorian meteri yang akan disediakan dan didiskusikan.

Walaupun anda belum bergabung dengan forum seo indonesia, saya ucapkan terimakasi sudah membaca posting ini. :)

0 komentar: